Selasa, 04 Juni 2013

#107 : Expo SUMBAR, pertunjukan kebudayaan seru


Acara bertajuk Expo Sumbar “Harmoni Sumatera Barat” yang di adakan di Parkir Timur Senayan ini adalah pertunjukan kebudayaan yang  berasal dari daerah Sumatera Barat. Acara di mulai sejak kamis, 08 – 11 November tersebut sarat cukup terbilang sukses. Acara ini juga mengangkat tema dan gelar usaha dan potesni Sumatera Barat. Dan Juga bekerja sama dengan tokoh penting yang ada di ibukota untuk bisa mengembangkan kebuadayan yang ada di Indonesia Khususnya Sumatera Barat Sendiri.
Pembukaan yang berlangsung pada kamisnya di buka dengan tarian Bararak Tunduak dari daerah Solok, sumatera barat. Pada jum’at malam para peserta bermain kartu
Domino khas Sumatera barat. Dan yang paling menarik pada Sabtu harinya, pertunjukan kebbudayan lebih bayak di tampiljan lagi. Seperti di adaakanya perlombaan layang-layang Languang Khas Sumatera Barat. Yang unik di sini ialah selain ukuran layang-layangnya yang cukup besar ialah peralatan yang mereka gunakan dengan memakai tali tambang. Dengan keadan angin yang kurang bersahabat para peserta yang berjumlah sekitar 15
orang dari berbagai daerah seperti, Pariaman, Padang Panjang, Solok, dan Batu Sangkat tetap bersemangad walaupun tangan memerah. Dan yang lebbh unik lagi ialah laying-layang yang beterbangan itu mengeluarkan bunyi yang cukup keras karena teteap terdengan walau sudah berada di atas dengan jarak yang cukup tinggi.
“Layang-layang ini bikin sendiri, bunyi kayak gitu karena kita pakai pita suara seperti di kaset-kaset untuk bisa seperti itu” kata Pak Zaenal, salah satu peserta Lomba dari Kota Pariaman.
Tidak, hanya itu bahkan ada beberapa dari peserta yang bahkan juga sudah pernah mengikuti lomba serupa hingga ke keluar negeri.selain itu, di adakan juga seminar yang bertajuk “Selamatkan, anak-anak Minang Kabau” . Seminar yang di kemas dengan bentuk dialog ini di mulai pukul 16.00 wib dan di hadiri oleh beberapaa tokoh penting baik di Sumatera Barat maupunn ibukota Sendiri. Pembicara seperti Bp. Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim MS (wakil menteri pendidikan dan kebudayaan bidang pendidikan nasional). Bp. H. Irwan Gusman SE MBA Dt. Rajo nan Labiah (Ketua DPD RI), Taufik Ismail (Budayawan), hingga Musisi Faris RM dan beberapa tokoh lainya juga meramaikan acara yang membicarakan anak-anak Minang Kabau ini.
Selain itu, masih banyak pertunjukan kebudayaan lainya yang bisa di lihat di beberapa Stand yang menyediakan berbagai pernak-pernik serta makanan khas dari sumatera barat seperti Martabak Kubang, Teh Talua, dan lainya. Acara ini cukup menarik perhatian masyarakat terutama orang Minang Kabau yang berdomisili di Jakarta. Acara kemudian di tutup degan meriah pada Minggu, 11 Novembernya.



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates