Minggu, 13 Mei 2012

#22 : Album 2Jib, Don't Don

Don't Dont adalah album studio kedua Super Junior yang di rilis pada 20 September 2007 do Kore Selatan. Sedikit berbeda dari album pertama mereka, album ini berfokus pada berbagai jenis melodi pop, terutama pada jenis melodi yang mendekati heavy airly beat R&B modern, dan retropop dance, dengan hampir semuaa lagu dalam album yang berisikan seksi string.

Pada minggu pertama di rilis, terjual 60.000 copy dan total terjual 164.058 copy hingga akhir Desember. Don'y Dont mendapat peringkat album terlaris ke-2 di Korea tahun 2007.

Ketika promosi untuk single Hit sebelumnya U selesai, SM Entertainment mengumumkan group Super Junior sedang mengolah sentuhan-sentuhan awal untuk album penuh ke-2 mereka, dan di harapkan rilis pada November 2006..Namun karena kecelakaan mobil Heechul pada 10 Agustus 2oo6, jadwal rekaman album harus di tunda. Kecelakaanmobil lainya juga menimpa 4 member lainya 19 April 2007 kembali mempengaruhi jadwal album. Kyuhyun yang terluka paling parah, baru keluar dari rumah sakit pada 5 Juli 2007.

Dalam sebuah jumpa fans di Shanghai Hangeng mengatakan jadwal rekaman untuk album sudah dimulai dan album akan dirilis pada bulan Desember, di ikuti dengan pengumuman Shindong bahwa ia akan mengambil cuti pendek dari aktifitas host untuk pelaksanaan album ini. Juga pengumumam resmi penampilan Kyuhyun di sejumlah berita.

Pada 5 September 2007, Kangin mengungkapkan gaya rambut baru di sebuah radio publik menyebabkan antisipasi intens di dalam media untuk album come back ke-2. Konsep album baru menjadi topik panas perdebatan netizen seiring dengan semakin banyaknya onformasikonsep baru yang di beritakan. Beberapa hari kemudian, SME meliris image promosi pertama album yang mempeprlihatkan siluet ke-13 member. Image misterius itu meningkatkan diskusi untuk konsep album baaru yang di nanti-nantikan, tapi konsep itu belum sepenuhnya di turunkan hingga tanggal rilis album. Namun,beberapa fhoto nimage baru group di bocorkan di internet sebelum tanggal rilis resmi.

Pada 13 September 2007, label memberitahukan sebuah tanggal resmi untuk rilisalbum. Nada dering demonstratif  lagu-lagu dalam album di rilis onlinepada 19 September 2007, dan album resmi di rilis pada tanggal 20 September 2007. Pra order untuk album di mulai di Korea selatan pada 14 Desember 2007.

Don't Dont yang juga menjadi judul album, di pilih menjadi single pertama. Don't Dont merupakan permainan kata-dari kata 'Don' yang berarti uang dan 'Donda' yang berarti gila. Don't Dont di perkenalkan sebagai lagu yang bergenre SMP (SM pertunjukan musik), genre yang di ciptakan perusahaan yang terdiri dari campuran yang kuat dari R&B, rock, rap, dan hip hop

Gaya musik Don't Dont memiliki gaya musik kombinasi dari riff heavy guitar, ritme drum yang cepat, gitar listrik, solo biola, dan istrument musik yang lain membuat single ini menjadi karya musik yang langka. Dalam upaya mempromosikan dunia menjadi tempat yang lebih polos dan murah hati untuk hidup, lirik lagu berisikan pesan tenatang bagaimana uang, kemunafikan, dan perubahan masyarakat telah membuat dunia menjadi tempat hidup yang tidak menyenangkan.

Marry U, dipilih menjadi single ke-2. Berbeda dari single pertama yang bertempo cepat, Marry U adalah sebuah balada R&B bertempo sedang yang menghidupkan kembali image klasik yang merupakan sebuah kontras image gelap mereka dari single pertama.
Lagu-lagu lainya dalam album ke-2 terdiri dari balada lembut, seksi string, retro R&B,dan dance trendy bergaya 80-an, sebuah gaya yang sungguh berbeda dari album pertama mereka yang mayoritas musiknya terdiri dari R&B dance pop yang modern. Namun, kecendrungan bubblegum pop masih tetap dalam album, seperti lagu ke-2 Shappire Blue.

Banyak member memberikan kontribusi dalam produksi album. Yesung, Ryeowook, dan Kyuhyun aktif sebagai vokalis ltar belakang, sedangkan Eunhyuk menjadi salah satu rapper utama group bertangggung jawab atas sebagian besar lirik rap dalam album. Leetuek, Sungmin, Eunhyuk, dan Donghae juga membuat lirik untuk lagu dance pop I Am yang di aransemem oleh Yoon Jongshin.
Para musisi terkenal lainya seperti Kim Johan, Kim Youngho, Hwng Sungjae, Kim Changhyun, dan lainya berpartisipasi dalam prudiksi album tersebut.

VERSI REPACKAGED, IMAGE, DAN PACKING ALBUM
Dua versi repackaged lbum di rilis sebulan setelah rilis album. Versi ke-2 album yang berbentuk CD repackageed dirilis pada November 207 dengan 4 lagu baru yakni Marry U (Versi baru), A Man in Love, The Girl is Mine, dan A Man in Love (remix)
Meskipun lagu marry u di sertakan dalam album asli, versi repackaged menyuguhkan versi barunya single yang menjadi single kedua album. Versi remix A Man in Love menjadi sebuah single resmi promo untuk album repackaged.

Versi ke-3, versi CD dan DVD repackaged yang di rilispada 9 November 2007.Meskipun tidak ada track baru yang di tambahkan dalam versi ini, sebuah DVD tanbahan yang di tambahkan ke album berisikan video musik dan klip behinnd the scence album.

PENERIMAAN
Don't Dont debut pertama di tangga album K-pop MIAK dan dengan cepat terjuallebih banyak dari album baru Lee Soo Young dan Wheesung yang rilis setidaknya 2 minggu sebelum Don't Don.
Album ini terjual 66.678 copy dalam bulan pertama rilis, setelah 3 bulan rilis terjual 164.058 copy di akhir Desember, yang membuatnya menjadi album terlaris ke-2 tahun 2007

Album ini juga membawa sukses Luar negeri, seperti memuncak di tangga lagu J-pop dan K-pop Five Music dan tangga J-pop G-music di Taiwan dalam minggu pertama rilis. Album juga debut di tangga Combo Billboard G-music, mengalahkan boyband K One Taiwan, bahkan mengalahkan TVXQ dan Shinwa yang debut di peringkat yang lebih rendah.

Super Junior untuk pertama kalinya membawakn Don't Don pada 21 September 2007 di Music Bank KBS.Ini adalah penampilan pertama mereka. Selain itu mereka juga tampil di program-program music lainya seperti Popular Song SBS dan M! Countdown (M.NET).
Tidak lama stelah rilis single ke-2, Marry U, Super Junior kemudian menjadi co host berbagaiprogram baru SBS seperti  Explores The Human Body bersama dengan Shin Dongyoup.Program baru itu mendapat pujian kritis dalam music pertamanya, dan selalu menempati peringkat sebagai program SBS yang paling banyak di lihat setiap minggunya.
Namun, musim pertama berakhir cepat dengan 13 episode pada Februari 2008, karena jadwal sibuk Super Junior dengan tour konser pertama mereka.

DAFTAR LAGU
  1. Don't Don
  2. Shappire Blue
  3. You're My Endless Love
  4. Marry U (versi baru)
  5. A  Man in Love
  6. Disco Drive
  7. Hate U, Love U
  8. I Am
  9. She's Gone
  10. The Girl is Mine
  11. Mirror
  12. Our Love
  13. Missin'U
  14. Midnight Fantasy
  15. Thank You
  16. A Man in Love (versi remix)
  17. Song for You (Track bonus)
  18. Marry U (versi Jepang)



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates